Pages

Senin, 27 Desember 2010

4 Kebiasaan Buruk Yang Bikin Pendek Umur

insomnia

4 Kebiasaan yang memperpendek umur. Ahli gizi dan kebugaran, JJ Virgin, mengidentifikasi empat kebiasaan sehari-hari yang buruk yang bisa memperpendek umur.  Coba perhatikan tiap poin, jika kebiasaan itu dijalani setiap hari, berarti Anda menimbun masalah.

1. Kurang tidur
Studi menunjukkan tidur minimal 7-9 jam sehari sangat penting bagi kesehatan. Dengan tidur cukup, metabolisme tubuh ditata kembali. Ini juga mendukung keseimbangan berat badan, meningkatkan hormon pertumbuhan dan menyembuhkan kelenjar adrenal.

Tahukah Anda, menonton TV atau membuka komputer sebelum tidur bisa membuat Anda sulit tidur. Jika ingin mempunyai waktu tidur lebih lama, mulai sekarang, sebaiknya tetapkan jam tidur. Gantilah aktivitas menjelang tidur dengan kegiatan santai. Satu atau dua jam sebelum tidur, Anda bisa berendam air hangat atau membaca novel. Cara ini dapat melatih diri untuk tidur nyenyak sepanjang malam.

2. Melewatkan sarapan
Coba diingat-ingat, selama ini sudah sering Anda terburu-buru untuk pergi ke kantor dan lupa sarapan? Jika hampir setiap hari, ubah kebiasaan buruk ini.

Tubuh baru saja 'berpuasa' semalaman sehingga harus mendapatkan energi di pagi hari. Agar tubuh kembali berenergi, Anda perlu sarapan seimbang yang mencakup protein, lemak, dan karbohidrat sebelum berangkat beraktivitas. Hati-hati, jika terbiasa tidak sarapan, tubuh Anda akan mudah lemas dan tidak semangat. Anda akan tampak letih dan tua sebelum waktunya.

3. Tidak berolahraga
Jika Anda berpikir mendapatkan keseimbangan berat badan lewat diet saja, itu tidak akan berhasil. Anda harus tetap berolahraga. Olahraga sangat penting untuk merangsang respon fisik dan hormonal yang dibutuhkan untuk membangun otot dan tulang, dan membakar lemak.

Coba bayangkan jika anda berolahraga dan menerapkan poin-poin yang telah disebut di atas,  selain akan membuat energi Anda terjaga, juga membuat Anda awet muda. Yang lebih penting adalah berolahraga yang benar, yaitu yang melibatkan pelatihan interval intensitas tinggi, dan menyempatkan 20-30 menit sehari.

4. Ngemil di malam hari
Kebiasaan ngemil malam hari sebelum tidur, akan menyebabkan penundaan pembakaran lemak sampai meningkatkan hormon stres sebelum tidur. Jadi, jika Anda sudah makan malam yang mengandung nutrisi seimbang, tak perlu lagi ngemil sebelum tidur.(vivanews)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More