Pages

Selasa, 21 Desember 2010

Asteroid Apophis Tabrak bumi thn 2029

Ancaman Asteroid Apophis

Warga bumi harus bersiap-siap dengan ancaman asteroid Apophis pada 2029. Asteroid tersebut diprediksi memasuki orbit bumi pada 2029. Jarak yang diperkirakan saat itu mencapai 27 ribu kilometer. Menurut hitungan dan analisis badan antariksa, a­da kemungkinan tabrakan antar benda penghuni Galaksi Bima Sakti.

Jika tumbukan tersebut benar terjadi, daya ledaknya diperkirakan dapat membumihanguskan area bumi dengan radius yang cukup luas. Efeknya tidak main-main, bahkan bisa melebihi peristiwa tragis di Tunguska, Rusia, yang meluluhlantakkan hutan seluas 2.150 kilometer per­segi.

Berdasar perhitungan, kekuatan ledak tumbukan itu mencapai 10-20 megaton TNT. Dampak lainnya adalah menghasilkan getaran kejut dengan kekuatan 5 skala Richter. Na­mun, prediksi itu bukan tanpa solusi. "Menjinakkan Apophis tidak seperti yang di film-film dengan meledakkannya. Sesuatu hal yang kurang matang dari sisi tek­nis perhitungan. Ada cara lain yang lebih efektif," ujar Boris Shuztov, direktur Institut Astronomi Rusia.

Mencegahnya dilakukan dengan mengirim mikro satelit. Satelit itu ber­tugas mengoreksi orbit Apophis sehingga tidak bersinggungan dengan bumi.


Ancaman Asteroid Apophis

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More