Pages

Rabu, 22 Desember 2010

Efek Rokok Terhadap Wanita

wanita perokok

Makin tingginya jumlah wanita perokok tentu memprihatikan. Tahun ini diperkirakan 5 persen perempuan di Indonesia yang merokok. Selain menjadi perokok aktif, ternyata jauh lebih banyak wanita yang menjadi perokok pasif.

Diperkirakan 65,6 juta wanita dan 43 juta anak-anak di Indonsia terpapar asap rokok. Hal ini terjadi karena 91 persen perokok merokok di rumah, tidak jauh dari istri dan anak-anak. Padahal, bahaya perokok pasif sama dengan perokok aktif.

Efek rokok terhadap wanita sangatlah banyak, terutama terhadap wanita yang akan menjadi calon ibu. Bayi yang lahir dari ibu perokok beresiko mengalami cacat janin, berat badan lahir rendah, bahkan gangguan jiwa. Rokok mengandung ribuan racun yang dapat mengancam keselamatan janin, karena itu ibu yang merokok saat hamil sama dengan meracuni janin dengan sengaja.

Merokok juga menjadi pemicu berbagai penyakit, seperti kanker paru, kanker mulut rahim, serangan jantung, atau asma. Penelitian menunjukkan, wanita perokok yang menggunakan pil KB beresiko terkena serangan jantung, stroke, dan penyumbatan pembuluh darah 10 kali lebih besar dari yang bukan perokok.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More