Pages

Selasa, 21 Desember 2010

Sensor sel teliti kanker


kanker payudara

Para peneliti Harvard telah menemukan cara mengukur sel secara akurat. Cara yang dipakai adalah sensor yang cukup sensitif untuk menimbang tiap satu sel. Tim itu berhasil merekam tingkat massa sel-sel tersebut saat bertambah dalam beberapa waktu. Data ini bisa membantu mereka membangun mekanisme sel tunggal.

Penemuan ini juga bisa digunakan untuk menggagalkan proses bertumbuhnya sel-sel kanker. Sensor mengukur empat jenis sel, dua strain bakteri, satu strain ragi, dan satu sampel lymphoblasts mamalia.

Sensor massa itu bekerja dengan membiarkan sel-sel mengalir satu demi satu. Tempat yang dipakai adalah saluran kecil di sepotong silikon yang bergetar. Sebagai sel bergerak, mereka mengubah getaran massa sehingga peneliti dapat mengukurnya melalui frekuensi.

Dari sini, tim peneliti menemukan bahwa beberapa sel tumbuh pesat. Ketika tumbuh pesat, mereka membagi menjadi dua sel anak dari massa yang sedikit berbeda satu sama lainnya. Satu harus tumbuh agak sedikit lebih besar daripada yang lain dari waktu ke waktu.
 
sumber : go-killz

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More