Pages

Minggu, 26 Desember 2010

Teleskop TRAPPIST si Pemburu Alien

TRAPPIST (Transiting Planets and PlanetesImals Small Telescope)

Teleskop TRAPPIST si pemburu alien. Sebuah teleskop robotik dibangun di Chili untuk memburu keberadaan planet asing atau komet.

Untuk pertama kalinya teleskop bernama TRAPPIST (Transiting Planets and PlanetesImals Small Telescope) membuka lensanya dan mengambil foto langit malam. Foto pertama TRAPPIST menunjukkan keberadaan nebula tarantula, nebula yang berbentuk tarantula dan spiral galaksi M83 yang sangat mencengangkan.

Foto pertama TRAPPIST menunjukan nebula tarantulaFoto pertama TRAPPIST menunjukan nebula tarantula

Namun para astronom mengharapkan, temuan TRAPPIST tak hanya sekedar nebula tapi bisa mencapai target sasarannya, planet asing di luar tata surya dan komet. Kedua sasaran dari proyek TRAPPIST adalah bagian penting dari sebuah penelitian interdisipliner yang saat ini sedang berkembang, astrobiologi. Astrobiologi bertujuan mempelajari asal usul dan distribusi kehidupan di alam semesta.

TRAPPIST yang terletak di Observatori ESO (European Southern Observatory) di Gurun Atacama, Chili adalah teleskop pemburu planet-planet di luar tata surya dengan metode menggunakan gelap terang bintang ketika sebuah planet melintas di depannya.

Planet yang melintas itu diyakini akan menutupi cahaya terang yang dipancarkan bintang. Planet terresterial yang mirip dengan Bumi yang kita tinggali jelas menjadi target pencarian kehidupan di luar tata surya. Sementara, komet diduga memainkan peran yang penting dalam penampakan dan perkembangan kehidupan di planet kita.

Teleskop TRAPPIST ini juga dilengkapi dengan filter khusus yang dioptimalkan untuk melacak komet di langit selatan. Para peneliti berencana untuk menggunakan teleskop ini untuk membuat pengamatan komet berkala untuk melacak komet es pengelana saat mengorbit matahari, untuk menentukan jenis material yang dikeluarkan selama perjalanan kosmis mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More