Pages

Selasa, 21 Desember 2010

Tips Menidurkan Bayi Agar Terlelap

bayi tidur

Jika anda mempunyai bayi yang suka rewel saat mau tidur, coba lakukan beberapa tips menidurkan bayi berikut ini untuk membuatnya tidur terlelap.

Gosok telapak kaki
Sedikit usapan hangat pada telapak kaki bisa membuat si kecil merasa lebih nyaman. Ambil minyak pijat khusus bayi, hangatkan dengan tangkup telapak tangan Anda. Pegang pergelangan kaki kiri si bayi, tekuk sedikit lututnya, putar kakinya perlahan. Gunakan ibu jari Anda untuk melakukan pijatan lembut pada bagian tumit si kecil, lalu naik ke jari-jarinya dengan lembut. Coba lakukan pada satu kaki dulu, jika ia terlihat menyukainya.

Berdansa bersama
Hidup di dalam rahim memiliki ritme dan gerakan yang cukup kencang. Coba buat si kecil merasa lebih nyaman dengan mengajaknya berdansa. Kegiatan ini menggunakan prinsip "stimulasi vestibular". Sistem vestibular, adalah bagian dari sistem otak yang mengatur gerakan dan keseimbangan, yang letaknya di belakang gendang telinga. Sistem tersebut terprogram untuk 3 macam gerakan; atas-bawah, maju-mundur, dan kiri-kanan. Gerakan bergoyang yang mencakup ketiga gerakan ini kemungkinian terbesar akan membuai si kecil. Menemukan gerakan yang disukai si kecil butuh kesabaran untuk mencoba. Tapi kemungkinian terbesar, ia akan merespon gerakan apa pun yang Anda buat, beserta lagu yang Anda sukai.

Berendam
Mandi air hangat adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan untuk menghantar nyaman bayi hingga terlelap. Ajak si kecil untuk berendam bersama Anda di sore hari.

White noise
Sejak dalam kandungan, bayi Anda sudah bisa mendengar banyak, meski sayup-sayup. Namun, suara yang paling ia kenal saat dalam kandungan adalah ketika ia masih berada dalam rahim. Saat ini sudah ada banyak kaset yang memperdengarkan suara-suara di dalam rahim. Ada kemungkinan ia akan merasa tenang ketika mendengarkan suara itu lagi. Suara dengungan yang konstan pun kadang bisa diterima dengan nyaman oleh bayi. Misal, suara filter tanki akuarium, suara rekaman laut atau air terjun, atau suara radio yang sangat tipis. Suara-suara tipis semacam ini biasa disebut "white noise".

Lagu menenangkan
Atau mungkin, jika si bayi kurang merespon dengan white noise, Anda bisa melakukan pendekatan konvensional, yakni dengan suara lagu, misal, lagu-lagu klasik. Bayi berumur 3 bulan sudah bisa mengenali suara musik klasik yang pernah mereka dengar sebelum ia lahir. Ada beberapa pendapat yang mengatakan, bahwa lagu klasik bisa membantu perkembangan otak bayi. Beberapa ahli berpendapat bahwa memperdengarkan musik klasik bisa membantu perkembangan emosional dan edukasi anak.

Wewangian
Bayi merespon wewangian dengan cepat. Dalam waktu seminggu sejak kelahirannya, bayi sudah bias mengenali wangi ibunya sendiri. Tak heran bayi akan rewel jika ia digendong oleh wanita lain yang baunya tak sama. Jika si ayah yang harus menyapih si anak sebelum tidur, coba selipkan kaus si ibu yang habis dipakai dekat si bayi agar ia merasa nyaman dan aman.

Gendong
Cobalah untuk menggendong bayi menggunakan baby carrier. Para peneliti mengatakan, bayi yang berada dalam dekapan bayi dalam keadaan nyaman akan jarang menangis.

Berjalan
Mengajak si bayi yang sudah cukup kuat untuk berjalan di sore hari bisa membuatnya lebih tenang dan memudahkannya tertidur di malam hari. Gerak ayun kereta dorong, pemandangan baru, dan suara yang ia dengar bisa memberikan efek menenangkan hingga ia akan tertidur.

Tatap muka
Ada sebagian orang yang menyarankan untuk tidak menatap bayi sesaat sebelum tertidur. Jika saat Anda melakukan ini dan si bayi justru tidak mau tertidur, mungkin yang ia perlukan justru sesi tatap muka. Situs askdrsears.com, mengatakan, bayi yang memiliki ketergantungan tinggi meminta pengalaman berkoneksi yang lebih. Kontak tatap muka atau tatap mata amat penting untuk anak yang seperti ini. Ini mereka perlukan untuk merasa bahwa ada yang menjaganya setiap saat.

Mengubah kebiasaan
Kadang, bayi bisa merasa bosan dengan kegiatan menjelang tidur yang sama, dan hal ini bisa membuat ayah atau ibunya frustasi. Ketika si kecil tak mau juga tertidur, lupakan bahwa Anda sedang berusaha membuatnya tidur. Berfokuslah untuk membuatnya merasa nyaman. Misal, dengan membawanya ke luar rumah untuk mendengarkan desir angin yang mengusik dedaunan, atau baringkan ia di dekat kujur Anda, atau duduk dekat akuarium beberapa saat. Si bayi akan melihat perubahan keadaan sekitar. Lama kelamaan ia akan mulai terlelap.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More