Pages

Sabtu, 08 Januari 2011

6 Negara yang Punya Hubungan Khusus Dengan Indonesia

1. Jepang

http://www.funbumperstickers.com/images/japan_flag_wave2.jpg


Negara yang berjulukan negeri matahari terbit ini pernah menjajah Indonesia beberapa tahun. Namun atas penjajahan tersebut indonesia dan jepang memiliki sebuah hubungan yang sangat erat. Salah satunya adalah jepang merupakan negara yang memiliki investasi terbesar di Indonesia. Selain itu jepang merupakan tujuan ekspor terbesar Indonesia. Indonesia menjalin kerjasama dengan jepang dalam segala hal. Saat ini jepang merupakan negara pemberi ODA (bantuan pembangunan tingkat pemerintah) terbesar untuk Indonesia.

2. China

http://www.iphonestalk.com/images/china-flag.jpg

Sebenarnya Indonesia telah menjalin hubungan dengan China sangat lama sebelum negara ini berdiri. Sejarah mencatatkan indonesia dan china telah menjalin hubungan sejak abad ke lima. Hal ini dapat dilihat dari buku Fa Hien yang berjudul A Record of the Buddhist Religion as practised in Indiaa and the Malay archipelago". Berkat ramainya orang2 keturunan tionghoa yang melakukan perjalanan ke Indonesia menjadikan Indonesia sebagai negara dengan etnis tionghoa terbesar di dunia setelah tiongkok. Saat ini tiongkok telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia setelah Jepang.

3. Arab Saudi

http://www.funbumperstickers.com/images/saudi_arabia_flag_wave2.jpg

Tidak dapat dipungkiri lagi kedekatan hubungan kedua negara dipicu oleh datang para saudagar arab ke Indonesia. Mereka selain melakukan perdagangan juga menyebarkan Islam ke tanah Nusantara. Atas dasar kesamaaan religius itulah Indonesia memiliki kedekatan khusus dengan Arab Saudi. Saat ini jumlah haji Indonesia merupakan yang terbesar menunaikan Ibadah Haji ke kota mekah. Tentunya ini menjadi catatan khusus bagi Arab Saudi. Satu-satunya Imam Besar Masjidil Haram yang berasal dari luar Arab adalah seorang keturunan Indonesia yang bernama Ahmad Khatib Al-Minangkabawi.

4. Rusia

http://www.funbumperstickers.com/images/russia_flag_wave2.jpg

Hubungan Indonesia dan Rusia mencapai puncaknya pasca perang dingin. Saat itu Indonesia sedang berseteru dengan Belanda pasal Irian Barat. Untuk mengimbangi kekuatan Belanda akhirnya Indonesia membeli peralatan militer secara besar2an pada Rusia. Itulah pemicu Indonesia menjadi salah satu kekuatan militer terbesar di saat itu. Meski saat ini hubungan Indonesia dan Rusia tidak semesra dulu, namun Rusia tetap menganggap Indonesia sebagai negara yang pantas untuk mereka jadikan mitra. Bahkan dari kabar yang terhembus, produk2 militer yang kita beli dari Rusia ada yang versinya sama persis dengan militer Rusia. Biasanya bila menjual produk2 militer ke negara lain Rusia hanya memberikan versi downgrade.

5. Malaysia

http://www.funbumperstickers.com/images/malaysia_flag_wave2.jpg

Negara yang satu ini mungkin tidak akan terwujud tanpa ada negara Indonesia. Sebagian besar orang2 Malaysia juga berasal dari Indonesia. Sebagai contoh adalah Yang Dipertuan Agung pertama Malaysia yang bernama Tuanku Abdul Rahman adalah seorang Raja di Malaysia yang berdarah Minang. Selain itu perdana menteri Malaysia yang bernama Najib Razak berdarah Bugis. Malaysia selalu dianggap sebagai negara yang paling dekat hubungan histroris dengan Indonesia. Namun hal tersebut senantiasa dimanfaatkan oleh malaysia untuk mengakui karya cipta Indonesia sebagai warisan juga bagi mereka.

6. Amerika Serikat

http://www.united-states-flag.org/united-states-flag-640.jpg

Pada masa perebutan Irian Barat AS memberikan dukungan bagi Indonesia karena AS ingin terus menjalin hubungan dengan Soeharto yang waktu itu dianggap sebagai seorang “moderate military man … committed to progress and reform” dan “walau nonblok tetapi dekat dengan Washington”. Amerika Serikat sebagai kekuatan ekonomi terbesar di dunia juga memiliki mitra strategis bagi Indonesia. Selama bertahun-tahun AS menjadi mitra dagang terbesar Indonesia. Namun baru beberapa bulan belakangan posisi AS mulai digantikan China. Pasca dilantiknya Presiden Obama, menjadikan Indonesia merupakan salah satu negara yang paling utama untuk dikunjungi oleh hillary clinton. Namun embargo yang pernah diberlakukan amerika serikat karena pelanggaran HAM di Indonesia telah berdampak buruk yang sistematis bagi perekonomian Indonesia.

sumber:kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More