Pages

Minggu, 21 Agustus 2011

Hacker bisa menyusup melalui stop kontak




LONDON - Ahli keamanan internet telah memperingatkan bahwa hacker bisa memanfaatkan stop kontak untuk menyusup ke dalam sebuah komputer dan mengetahui apa yang sedang diketik si pemilik komputer.

Hal ini bisa terjadi jika kabel keyboard komputer tidak terlindungi dengan baik sehingga memungkinkan hacker mengidentifikasi setiap karakter yang diketik dalam komputer.

Daniele Bianco dari perusahaan kemanan internet Inverse Path menemukan bahwa informasi yang menjalar di sepanjang koneksi kabel keyboard jenis tertentu ke komputer desktop bisa bocor ke power circuit.

Riset ini fokus menguji kabel yang biasa digunakan untuk menyambungkan komputer dengan keyboard yang biasa disebut dengan jenis PS/2.

"Dalam uji coba kami, dengan menganalisa perubahan tegangan listrik yang berbeda-beda yang disebabkan tekanan pada setiap tombol keyboard, kami bisa membaca apa yang telah diketik oleh pengguna komputer," kata Bianco seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (14/7/2009).

Para pengamat dari Inverse Path telah mengujinya pada jarak sekira 15 meter dari komputer. Dengan demikian, mereka pun menyimpulkan bahwa taktik ini bisa dilakukan oleh hacker dari suatu tempat yang berjarak cukup jauh dari tempat kita menggunakan komputer.

"Kami ingin memberitahukan bahwa segala macam informasi dan data dalam komputer bisa sangat mudah dicuri bahkan dengan cara yang tidak terpikirkan oleh kita," tandas Bianco. (srn)

techno.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More