Pages

Sabtu, 13 Agustus 2011

'Topi Ajaib' Harapan Baru Pengidap Stroke



London – Para ilmuwan berhasil menciptakan terobosan baru yang bisa menjadi harapan baru pengidap stroke. Berkat topi ini, pengidap stroke kini bisa bergerak kembali.
Melalui topi ini, pengidap stroke bisa menggerakkan tubuh cukup dengan tenaga pikiran. Tim peneliti melacak sinyal otak orang sehat berjalan kemudian menggunakan data itu guna ‘melatih’ pikiran mereka yang tak mampu bergerak sendiri.
Peneliti mengatakan, perangkat ini mampu membantu pengidap stroke yang lumpuh atau ototnya tak mampu lagi digunakan berjalan. ‘Harapan baru’ ini memberi kebebasan baru serta membantu melawan masalah kesehatan lainnya, termasuk obesitas dan diabetes.
Terobosan ini merupakan bagian proyek yang sedang berlangsung di University of Maryland (UMD). Pasien cukup mengenakan topi yang memiliki ratusan sensor yang terhubung komputer lab yang mengawasi gelombang otak.
Melalui pemindaian pada orang sehat yang sedang melakukan sejumlah aktivitas, peneliti bisa mengetahui cara otak harus ‘berpikir’ saat melakukan aktivitas tersebut.
“Alhasil, kita bisa mengajari pasien berpikir dengan cara tertentu dan mencocokkannya dengan sinyal EEG dengan sinyal normal,” ujar Associate Professor of Kinesiology UMD Jose Contreras-Vidal.
Graff berharap seperti dikutip Dailymail, teknologi ini suatu hari bisa digunakan menyalakan ponsel atau melempar bola menggunakan kekuatan pikiran. Berikut videonya. [mor]

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More