1. F-4 Phantom II
F-4 Phantom II adalah pesawat tempur pengebom buatan Amerika Serikat. Pesawat ini berukuran besar, bermesin ganda dan terutama digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat, Angkatan Laut Amerika Serikat, serta Korps Marinir Amerika Serikat. Saat ini F-4 sudah pensiun di Amerika Serikat, tetapi masih aktif di beberapa negara di luar Amerika serikat, seperti di Iran dan Israel. Sampai tahun 2001 masih ada 1000 pesawat jenis ini yang digunakan di 11 negara.
Spesifikasi (F-4E)
Data dari The Great Book of Fighters,
Karakteristik umum
- Kru: 2
- Panjang: 63 ft 0 in
- Lebar sayap: 38 ft 4.5 in
- Tinggi: 16 ft 6 in
- Luas sayap: 530.0 ft²
- Airfoil: NACA 0006.4-64 root, NACA 0003-64 tip
- Bobot kosong: 30,328 lb
- Bobot terisi: 41,500 lb
- Bobot maksimum lepas landas: 61,795 lb
- Mesin: 2× General Electric J79-GE-17A axial compressor turbojets, 17,845 lbf masing-masing
- Zero-lift drag coefficient: 0.0224
- Drag area: 11.87 ft² (1.10 m²)
- Aspect ratio: 2.77
- Fuel capacity: 1,994 US gal (7,549 L) internal, 3,335 US gal (12,627 L) with three external tanks
- Maximum landing weight: 36,831 lb (16,706 kg)
Kinerja
- Laju maksimum: Mach 2.23 (1,472 mph, 2,370 km/h) at 40,000 ft (12,190 m)
- Laju jelajah: 506 knots (585 mph, 940 km/h)
- Radius tempur: 367 nm
- Jarak jangkau ferri: 1,403 nm with 3 external fuel tanks
- Batas tertinggi servis: 60,000 ft
- Laju panjat: 41,300 ft/min
- Beban sayap: 78 lb/ft²
- Dorongan/berat: 0.86
- Lift-to-drag ratio: 8.58
- Takeoff roll: 4,490 ft (1,370 m) at 53,814 lb (24,410 kg)
- Landing roll: 3,680 ft (1,120 m) at 36,831 lb (16,706 kg)
Persenjataan
- 1x 20 mm M61 Vulcan gatling cannon, 639 rounds
- Up to 18,650 lb (8,480 kg) of weapons on nine external hardpoints, including general purpose bombs, cluster bombs, TV- and laser-guided bombs, rocket pods, air-to-ground missiles, anti-runway weapons, anti-ship missiles, targeting pods, recce pods, and nuclear weapons. Baggage pods may also be carried. External fuel tanks of 370 US gal (1,420 l) capacity for the outer wing hardpoints and either a 600 or 610 US gal (2,310 or 2,345 l) fuel tank for the centerline station can be fitted to extend the range.
- 4x AIM-7 Sparrow in fuselage recesses plus 4x AIM-9 Sidewinders on wing pylons; upgraded Hellenic F-4E and German F-4F ICE carry AIM-120 AMRAAM, Japanese F-4EJ Kai carry AAM-3, Hellenic F-4E will carry IRIS-T in future. Iranian F-4s could potentially carry Russian and Red Chinese missiles. UK Phantoms eventually (1978) replaced the AIM-7 Sparrow with Skyflash missiles.
F-5A/B Freedom Fighter dan F-5E/F Tiger II adalah bagian dari keluarga pesawat tempur supersonik ringan yang dirancang dan diproduksi oleh Northrop, di Amerika Serikat, sejak tahun 1960-an. Ratusan pesawat ini masih dipakai oleh berbagai angkatan udara di dunia sampai abad ke-21, dan pesawat ini juga menjadi dasar untuk pengembangan beberapa pesawat lainnnya. Produksi pesawat F-5A dan F-5E berakhir pada tahun 1972 dan 1987.
Pengembangan pesawat ini berawal sebagai pesawat tempur ringan Northtrop yang dibiayai oleh swasta, pada tahun 1950-an. Generasi pertama F-5 Freedom mulai dipakai pada tahun 1960-an. Sampai 1972, lebih dari 800 pesawat diproduksi untuk negara sekutu Amerika Serikat pada Perang Dingin, sementara Angkatan Udara Amerika Serikat membeli sekitar 1100 pesawat.
Generasi kedua, keluarga F-5E Tiger II, juga banyak digunakan oleh negara sekutu Amerika Serikat, dan di Amerika Serikat sendiri dipakai sebagai pesawat latih tempur. Jumlah Tiger II yang diproduksi sampai tahun 1987 mencapai 1400 buah. Pesawat F-5 yang masih dipakai sampai tahun 1990-an dan 2000-an telah melalui banyak modifikasi pembaruan.
3. F-14 Tom cat
F-14 Tomcat | |
---|---|
| |
Tipe | Pesawat tempur superioritas udara |
Produsen | Grumman Aircraft Engineering Corporation |
Perancang | Bob Kress[1] |
Terbang perdana | 21 Desember 1970 |
Diperkenalkan | September 1974 |
Dipensiunkan | 20 September 2006, AL AS |
Status | Aktif di Iran |
Pengguna | Amerika Serikat Iran |
Jumlah produksi | 712 |
Harga satuan | US$38 juta (1998) |
Pesawat ini mulai dipakai oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1972, menggantikan F-4 Phantom II. Pesawat ini juga sempat diekspor ke Iran pada tahun 1976. Pada tanggal 22 September 2006, pesawat ini resmi dipensiunkan dan digantikan oleh F/A-18E/F Super Hornet.[3]
Spesifikasi (F-14D Super Tomcat)
Karakteristik umum
- Kru: 2 (Pilot and Radar Intercept Officer)
- Panjang: 61 ft 9 in
- Lebar sayap:
- Spread: 64 ft (19 m)
- Swept: 38 ft swept
- Tinggi: 16 ft
- Luas sayap: 565 ft²
- Airfoil: NACA 64A209.65 mod root, 64A208.91 mod tip
- Bobot kosong: 42,000 lb
- Bobot terisi: 61,000 lb
- Bobot maksimum lepas landas: 72,900 lb
- Mesin: 2× General Electric F110-GE-400 afterburning turbofans
- Dorongan kering: 13,810 lbf masing-masing
- Dorongan dengan pembakar lanjut: 27,800 lbf masing-masing
Kinerja
- Laju maksimum: Mach 2.34 (1,544 mph, 2,485 km/h) at high altitude
- Radius tempur: 500 nm
- Jarak jangkau ferri: 1,600 nm
- Laju panjat: >45,000 ft/min
- Beban sayap: 113.4 lb/ft²
- Dorongan/berat: 0.91
Persenjataan
13,000 lb (5,900 kg) of ordnance including:- Guns: 1× M61 Vulcan 20 mm Gatling Gun
- Missiles: AIM-54 Phoenix, AIM-7 Sparrow and AIM-9 Sidewinder air-to-air
- Loading configurations:
- 2× AIM-9 + 6× AIM-54
- 2× AIM-9 + 2× AIM-54 + 4× AIM-7
- 2× AIM-9 + 4× AIM-54 + 2× AIM-7
- 2× AIM-9 + 6× AIM-7
- 4× AIM-9 + 4× AIM-54
- 4× AIM-9 + 4× AIM-7
- Bombs: GBU-10, GBU-12, GBU-16, GBU-24, GBU-24E Paveway I/II/III LGB, GBU-31, GBU-38 JDAM, Mk-20 Rockeye II, Mk-82, Mk-83 and Mk-84 series iron bombs
Avionik
4. F-15 EagleF-15 Eagle adalah pesawat tempur taktis segala cuaca yang dirancang untuk menciptakan dan mempertahankan superioritas udara dalam pertarungan di langit. Pesawat ini dikembangkan untuk Angkatan Udara Amerika Serikat, dan pertama kali terbang pada Juli 1972. F-15E Strike Eagle adalah variannya yang merupakan pesawat tempur serang yang mulai dipakai pada tahun 1989. Angkatan Udara Amerika Serikat berencana untuk tetap menggunakan F-15 sampai tahun 2025.[1]
Spesifikasi (F-15C Eagle)
Karakteristik umum
- Kru: 1
- Panjang: 63,8 ft
- Lebar sayap: 42,8 ft
- Tinggi: 18,5 ft
- Luas sayap: 608 ft²
- Airfoil: NACA 64A006.6 root, NACA 64A203 tip
- Bobot kosong: 28.000 lb
- Bobot terisi: 44.500 lb
- Bobot maksimum lepas landas: 68.000 lb
- Mesin: 2× Pratt & Whitney F100-100,-220, atau -229 turbofan
- Dorongan kering: 17.450 lbf masing-masing
- Dorongan dengan pembakar lanjut: 25.000 lbf untuk -220; 29.000 lbf untuk -229 masing-masing
Kinerja
-
- Ketinggian rendah: Mach 1,2 (1.450 km/jam)
- Ketinggian tinggi: Mach 2,5 (3.018 km/jam)
- Jarak jangkau ferri: 3.000 nm dengan bahan bakar eksternal
- Batas tertinggi servis: 65.000 ft
- Laju panjat: >50.000 ft/min
- Beban sayap: 73,1 lb/ft²
- Dorongan/berat: 1,12 (-220), 1,30 (-229)
Persenjataan
- Senjata api: 1× meriam M61A1 20 mm, 940 butir peluru
- Titik keras: 4 sayap, 4 badan, 2 stasiun sayap, stasiun tengah dengan kapasitas 7.300 kg,
- Rudal:
Avionik
- Radar:
- Raytheon AN/APG-63 atau AN/APG-70 atau
- Raytheon AN/APG-63(V)2 Active Electronically Scanned Array (AESA)
- Countermeasures:
- AN/APX-76 IFF interrogator
- AN/ALQ-128 radar warning suite
- AN/ALR-56 radar warning receiver
- ALQ-135 internal countermeasures system
- AN/ALE-45 chaff/flare dispensers
5. F-16 Fighting Falcon
F-16 Fighting Falcon | |
---|---|
| |
Tipe | Pesawat tempur |
Produsen | General Dynamics Lockheed Martin |
Terbang perdana | 2 Februari 1974 |
Diperkenalkan | 17 Agustus 1978 |
Status | Aktif |
Pengguna | Amerika Serikat 24 negara lainnya |
Jumlah produksi | Lebih dari 4.000 |
Harga satuan | US$18,8 juta (1998) |
Varian | General Dynamics F-16XL Mitsubishi F-2 |
F-16 dikenal memiliki kemampuan tempur di udara yang sangat baik, dengan inovasi seperti tutup kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan, gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol pada kecepatan tinggi, dan kursi kokpit yang dirancang untuk mengurangi efek g-force pada pilot. Pesawat ini juga merupakan pesawat tempur pertama yang dibuat untu menahan belokan pada percepatan 9g.
Pada tahun 1993, General Dynamics menjual bisnis produksi pesawat mereka kepada Lockheed Corporation, yang kemudian menjadi bagian dari Lockheed Martin setelah merger dengan Martin Marietta pada tahun 1995.
Spesifikasi (F-16C Blok 30)
Karakteristik umum
- Kru: 1
- Panjang: 49 ft 5 in
- Lebar sayap: 32 ft 8 in
- Tinggi: 16 ft
- Luas sayap: 300 ft²
- Airfoil: NACA 64A204 root and tip
- Bobot kosong: 18,238 lb
- Bobot terisi: 26,463 lb
- Bobot maksimum lepas landas: 42,300 lb
- Mesin: 1× Pratt & Whitney F100-PW-220 afterburning turbofan
- Dorongan kering: 14,590 lbf
- Dorongan dengan pembakar lanjut: 23,770 lbf
- Alternate powerplant: 1× General Electric F110-GE-100 afterburning turbofan
- Dry thrust: 17,155 lbf (76.3 kN)
- Thrust with afterburner: 28,985 lbf (128.9 kN)
Kinerja
- Laju maksimum: >Mach 2 (1,320 mph, 2,124 km/h) at altitude
- Radius tempur: 340 mi on a hi-lo-hi mission with six 1,000 lb (450 kg) bombs
- Jarak jangkau ferri: >3,200 mi
- Batas tertinggi servis: >55,000 ft
- Laju panjat: 50,000 ft/min
- Beban sayap: 88.2 lb/ft²
- Dorongan/berat: F100 0.898; F110 1.095
Persenjataan
- Senjata api: 1× 20 mm (0.787 in) M61 Vulcan gatling gun, 511 rounds
- Roket: 2¾ in (70 mm) CRV7
- Rudal:
- Air-to-air missiles:
- 6× AIM-9 Sidewinder or
- 6× AIM-120 AMRAAM or
- 6× Python-4
- Air-to-ground missiles:
- 6× AGM-65 Maverick or
- 4× AGM-88 HARM
- Anti-ship missiles: 4× AGM-119 Penguin
- Air-to-air missiles:
- Bom:
- 2× CBU-87 cluster
- 2× CBU-89 gator mine
- 2× CBU-97
- 4× GBU-10 Paveway
- 6× GBU-12 Paveway II
- 6× Paveway-series laser-guided bombs
- 4× JDAM
- 4× Mk 80 series
- B61 nuclear bomb
Lainya:
-
- SUU-42A/A Flares/Infrared decoys dispenser pod and chaff pod or
- AN/ALQ-131 & AN/ALQ-184 ECM pods or
- LANTIRN, Lockheed Martin Sniper XR & LITENING targeting pods or
- up to 3× 300/330/370 US gallon Sargent Fletcher drop tanks for ferry flight/extended range/loitering time.
Avionik
- AN/APG-68 radar
F-20 Tigershark | |
---|---|
| |
Tipe | Fighter aircraft |
Produsen | Northrop Corporation |
Terbang perdana | 30 August 1982 |
Status | Did not enter production |
Jumlah produksi | 3 |
Biaya program | US$1.2 billion |
Acuan dasar | Northrop F-5 |
Sebabnya adalah kebijakan pemerintah Amerika Serikat sendiri yang memang tidak berminat mengoperasikan pesawat ini dalam jajaran armadanya, selain itu pemerintah Ronald Reagan sendiri tidak mengizinkan penjualan pesawat tersebut ke negara yang saat itu ditujukan sebagai pembeli potensial yakni India dan Taiwan, alasannya adalah pesawat itu terlalu bagus.
Dengan kemampuannya yang cukup modern, bila pembelinya Taiwan, akan membuat buruknya hubungan Amerika Serikat-RRC, sementara bila pembelinya adalah India, maka dikhawatirkan akan jatuhnya teknologi maju yang diterapkan pada pesawat tersebut ketangan Uni Soviet melalui jaringan spionasenya di India. Sementara Arab Saudi yang berminat membeli sejumlah 200 pesawat untuk meremajakan armadanya yang terdiri atas 200 pesawat F-5 Tiger II, mau membelinya jika pesawat itu juga masuk dalam jajaran operasional militer Amerika Serikat.
Pesawat tempur ini sebenarnya, seperti halnya ketika dipromosikan, adalah pesawat yang relatif murah dalam harga dan pengoperasiannya dibandingkan pesawat-pesawat tempur mutakhir lainnya seperti F-4 dan F-16 yang juga ditujukan pada negara-negara sahabat Amerika Serikat. Dengan biaya untuk pengadaan enam pesawat F-4 Phantom, dapat digunakan untuk mengadakan 14 pesawat (satu skadron) F-20 Tigershark. Disebutkan juga biaya terbangnya hanya kurang dari 1000 dolar AS perjam. Bandingkan dengan F-16 yang dua kali lipatnya, bahkan Tornado yang memakan lebih dari tiga kali lipatnya.
Spesifikasi (F-20)
Gambar pada pranala luar | |
---|---|
Northrop F-20 (F-5G) cutaway | |
Hi-res cutaway of the Northrop F-20 (F-5G) by Flight Global. |
Data dari Johnsen,[1] Complete Encyclopedia of World Aircraft
Karakteristik umum
- Kru: 1 pilot
- Panjang: 47 ft 4 in
- Lebar sayap: 27 ft 11.9 in / 8.53 m; with wingtip missiles
- Tinggi: 13 ft 10 in
- Luas sayap: 200 ft²
- Bobot kosong: 13,150 lb
- Bobot terisi: 15,480 lb
- Bobot maksimum lepas landas: 27,500 lb
- Mesin: 1× General Electric F404-GE-100 turbofan, 17,000 lbf
Kinerja
- Laju maksimum: Mach 2+
- Radius tempur: 300 nmi ; for hi-lo-hi mission with 2 × 330 US gal (1,250 L) drop tanks
- Jarak jangkau ferri: 1,490 nmi ; with 3 × 330 US gal (1,250 L) drop tanks
- Batas tertinggi servis: 55,000 ft
- Laju panjat: 52,800 ft/min
- Beban sayap: 81.0 lb/ft²
- Dorongan/berat: 1.1
Persenjataan
- Senjata api: 2× 20 mm (0.79 in) Pontiac M39A2 cannons in the nose, 280 rounds each
- Titik keras: Five external hardpoints dengan kapasitas 8,000 lb (3,600 kg) of bombs, missiles, rockets and drop tanks for extended range,
- Roket: 2× CRV7 rocket pods Or
2 × LAU-10 rocket pods with 4 × Zuni 5 in (127 mm) rockets each Or
2 × Matra rocket pods with 18× SNEB 68 mm rockets each - Rudal: 2× AIM-9 Sidewinders on wingtip launch rails (similar to F-16 and F/A-18)
AGM-65 Maverick air-to-surface missiles on hardpoints - Bom: Various air-to-ground ordnance such as Mark 80 series of unguided iron bombs (including 3 kg and 14 kg practice bombs), CBU-24/49/52/58 cluster bomb munitions, M129 Leaflet bomb
Avionik
7. F/A-18 HornetF/A-18 Hornet buatan McDonnell Douglas (kini menyatu ke dalam Boeing) adalah pesawat tempur supersonik serbaguna yang dapat dioperasikan dari dan ke kapal induk di segala cuaca, dirancang untuk dapat bertempur di udara dan menyerang sasaran di darat (F/A adalah inisial untuk fighter (tempur) dan attack (serang)). F/A-18 adalah turunan dari YF-17 pada dasawarsa 1970-an untuk digunakan oleh Angkatan Laut dan Korps Marinir Amerika Serikat. Hornet juga digunakan oleh angkatan udara di beberapa negara. Pesawat ini telah menjadi pesawat peraga dirgantara bagi Skuadron Peraga Terbang Angkatan Laut Amerika Serikat, Blue Angels, sejak tahun 1986.
Hornet berperan sebagai pesawat tempur pengawal, pertahanan udara, perusak pertahanan udara musuh, larangan udara, pesawat serang antigerilya, dan pesawat intai. Keserbagunaan dan keandalannya telah membuktikannya menjadi aset bernilai pada sebuah kapal induk, meskipun ia dikritik karena kelemahannya dalam hal jelajah dan daya muat dibandingkan dengan yang dimiliki pesawat-pesawat mutakhir pendahulunya, seperti F-14 Tomcat dalam hal peran tempur dan serang-tempur, dan A-6 Intruder dan A-7 Corsair II dalam hal peran serang.[3]
F/A-18 Hornet menjadi dasar bagi pengembangan F/A-18E/F Super Hornet, yakni pesawat tempur rancang-ulang F/A-18 yang lebih besar dan evolusioner. Dibandingkan dengan Hornet, Super Hornet berukuran lebih besar, lebih berat, dan terdapat perbaikan dalam hal daya jelajah dan daya muatnya. F/A-18E/F mulanya diusulkan sebagai alternatif bagi pesawat tempur yang sama sekali baru untuk menggantikan pesawat serang yang masih bertugas seperti A-6. Varian yang lebih besar juga diarahkan untuk menggantikan F-14 Tomcat yang sudah hampir uzur, dengan demikian dapat saling berganti-tugas dengan Hornet di Angkatan Laut Amerika Serikat, dan bertugas pada rentang peran yang lebih luas meliputi pengisian bahan bakar di udara, dan anjungan pengacau kelistrikan (electronic jamming platform).[4]
Spesifikasi (F/A-18C/D)
File:F-18-3view.gifKarakteristik umum
- Kru: F/A-18C: 1, F/A-18D: 2 (pilot and weapons system officer)
- Panjang: 56 ft
- Lebar sayap: 40 ft
- Tinggi: 15 ft 4 in
- Luas sayap: 400 ft²
- Airfoil: NACA 65A005 mod root, 65A003.5 mod tip
- Bobot kosong: 24,700 lb
- Bobot terisi: 37,150 lb
- Bobot maksimum lepas landas: 51,550 lb
- Mesin: 2× General Electric F404-GE-402 turbofans
- Dorongan kering: 11,000 lbf masing-masing
- Dorongan dengan pembakar lanjut: 17,750 lbf masing-masing
Kinerja
- Laju maksimum: Mach 1.8 (1,190 mph, 1,915 km/h) at 40,000 ft (12,190 m)
- Radius tempur: 330 mi on hi-lo-lo-hi mission
- Jarak jangkau ferri: 2,070 mi
- Batas tertinggi servis: 50,000 ft
- Laju panjat: 50,000 ft/min
- Beban sayap: 93 lb/ft²
- Dorongan/berat: >0.95
Persenjataan
- Senjata api: 1× 20 mm (0.787 in) M61 Vulcan nose mounted gatling gun, 578 rounds
- Titik keras: 9 total: 2× wingtips missile launch rail, 4× under-wing, and 3× under-fuselage dengan kapasitas 13,700 lb (6,215 kg) external fuel and ordnance,
- Roket:
- Rudal:
- Air-to-air missiles:
- 4× AIM-9 Sidewinder or 4× AIM-132 ASRAAM or 4× IRIS-T or 4× AIM-120 AMRAAM, and
- 2× AIM-7 Sparrow or additional 2× AIM-120 AMRAAM
- Air-to-surface missiles:
- Anti-ship missile:
- Air-to-air missiles:
- Bom:
- JDAM Precision-guided munition (PGMs)
- Paveway series of Laser guided bombs
- Mk 80 series of unguided iron bombs
- CBU-87 cluster
- CBU-89 gator mine
- CBU-97
- Mk 20 Rockeye II
- B61/Mk57 nuclear bombs[16]
- Others:
-
- SUU-42A/A Flares/Infrared decoys dispenser pod and chaff pod or
- Electronic countermeasures (ECM) pod or
- AN/AAS-38 Nite Hawk Targeting pods (US Navy only), to be replace by AN/ASQ-228 ATFLIR or
- LITENING targeting pod (USMC, Royal Australian Air Force, Spanish Air Force, and Finnish Air Force only) or
- up to 3× 330 US gallon Sargent Fletcher drop tanks for ferry flight or extended range/loitering time.
Avionik
- Hughes APG-73 radar
- ROVER (Remotely Operated Video Enhanced Receiver) antenna for use by US Navy's F/A-18C strike fighter squadrons
Lockheed_F-104_Starfighter | |
---|---|
| |
Tipe | Interceptor aircraft, fighter-bomber |
Produsen | Lockheed |
Terbang perdana | 4 Maret 1954 |
Diperkenalkan | 20 Februari 1958 |
Dipensiunkan | 2004 (Italy) |
Pengguna | Luftwaffe United States Air Force Japan Air Self-Defense Force Turkish Air Force |
Jumlah produksi | 2,575 |
Harga satuan | US$1.42 million (F-104G)[1] |
Acuan dasar | Lockheed XF-104 |
Varian | Lockheed NF-104A Canadair CF-104 Aeritalia F-104S CL-1200 Lancer and X-27 |
Lockheed F-104 Starfighter adalah pesawat penyalip supersonik performa-tinggi yang berkecepatan tinggi yang dirancang pada tahun 1954.
Pesawat tipe ini umumnya digunakan sebagai pesawat pembom berkecepatan-tinggi di Eropa sejak tahun 1960-an hingga 1980-an.
Pada tahun 1958, pesawat F-104 Starfighter pernah menciptakan rekor dunia baru dengan kecepatan 2.259,82 km/jam.
Spesifikasi (F-104G)
Data dari Quest for Performance[2]
Karakteristik umum
- Kru: 1
- Panjang: 54 ft 8 in
- Lebar sayap: 21 ft 9 in
- Tinggi: 13 ft 6 in
- Luas sayap: 196.1 ft²
- Airfoil: Biconvex 3.36% root and tip
- Bobot kosong: 14,000 lb
- Bobot terisi: 20,640 lb
- Bobot maksimum lepas landas: 29,027 lb
- Mesin: 1× General Electric J79-GE-11A afterburning turbojet
- Dorongan kering: 10,000 lbf
- Dorongan dengan pembakar lanjut: 15,600 lbfZero-lift drag coefficient: 0.0172
- Drag area: 3.37 sq ft (0.31 m²)
- Aspect ratio: 2.45
Kinerja
- Laju maksimum: 1,328 mph (1,154 kn, 2,125 km/h)
- Radius tempur: 420 mi
- Jarak jangkau ferri: 1,630 mi
- Batas tertinggi servis: 50,000 ft
- Laju panjat: 48,000 ft/min
- Beban sayap: 105 lb/ft²
- Dorongan/berat: 0.54 with max. takeoff weight (0.76 loaded)
- Lift-to-drag ratio: 9.2
Persenjataan
- Senjata api: 1 × 20 mm (0.79 in) M61 Vulcan gatling gun, 725 rounds
- Titik keras: 7 dengan kapasitas 4,000 lb (1,814 kg),with provisions to carry combinations of:
- Rudal: 4 × AIM-9 Sidewinder, 2 x AIM-7 Sparrow, 2 x Selenia Aspide
- Other: Bombs, rockets, or other stores
2 komentar:
Pesawat Amerike memang mumpuni
Hanya Amerika yang bisa kalahkan Uni Sovyet, kunjungan balasan ya ke blog saya www.goocap.com
Posting Komentar