Pages

Selasa, 20 September 2011

Industri pertahanan Jepang dibobol peretas



Perusahaan senjata Jepang memastikan mereka menjadi korban serangan dunia maya dengan sasaran data peluru kendali, kapal selam, dan pembangkit tenaga nuklir.
Mitsubishi Heavy Industries (MHI) mengatakan virus ditemukan di lebih dari 80 server dan komputer bulan lalu.

Pemerintah Jepang mengatakan mereka tidak sadar adanya informasi yang bocor itu.
Namun Departemen Pertahanan menuntut agar MHI melakukan penyelidikan penuh. Para pejabat marah karena mendengar berita ini melalui laporan media.
Dalam jumpa pers, Selasa (20/9), Menteri Pertahanan Jepang Yasuo Ichikawa mengatakan serangan cyber itu tidak berhasil dalam mendapatkan informasi penting namun MHI akan diperintahkan untuk melakukan "pengkajian sistem pengawasan informasi" mereka.
"Kementerian akan terus melakukan pengawasan atas masalah ini dan melakukan penyelidikan bila perlu," kata Ichikawa.
Semua kontraktor pemeritnah berkewajiban untuk memberitahukan kepada para menteri bila terjadi pelanggaran informasi rahasia.
"Departemen Pertahanan yang akan menentukan apakah suatu informasi itu penting atau tidak. Bukan Mitsubishi Heavy yang memutuskan. Harus ada laporannya," kata juru bicara kementrian pertahanan sebelumnya seperti dikutip kantor berita Reuters.

Tuduhan terhadap Cina

Serangan maya, yang diduga pertama terhadap industri pertahanan Jepang, berasal dari jaringan luar komputer perusahaan itu, kata MHI.
Pemerintah Jepang dan MHI belum mengatakan siapa yang mungkin bertanggung jawab.
Laporan surat kabar Jepang menyebutkan skrip dalam bahasa Cina terdeteksi dalam serangan terhadap MHI itu.
Namun Cina menyanggah laporan tersebut.
"Cina adalah salah satu korban serangan peretas...mengkritik Cina sebagai sumber serangan bukan hanya tidak berdasar namun juga tidak menguntungkan kerjasama internasional dalam keamanan internet," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Hong Lei.
Cina sebelumnya juga dituduh melakukan serangan dunia maya terhadap badan dan perusahaan pemerintah asing, namun Beijing selalu menyanggah.
MHI memastikan bahwa 45 dari server dan 38 komputer mereka terkena serangan oleh paling tidak delapan virus.
Serangan virus itu adalah galangan kapal di Nagasaki, tempat dibangunnya kapal perusak, dan fasilitas di Kobe yang membangun kapal selam dan suku cadang pembangkit nuklir, menurut laporan NHK.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More