Pages

Selasa, 20 September 2011

Kapal selam Kelas Virginia Tercanggih Milik Amerika

Amerika Serikat masih terus memproduksi mesin perangnya walaupun perlombaan senjata bisa mengancam perdamaian. Pembangunan kapal selam nuklir terbaru jenis Virginia (Virginia-class atau V-Class) telah disetujui oleh Komite Pengadaan Anggaran Pertahanan Kongres AS (HDAC), konon kapal ini diklaim tercanggih di dunia. Hal ini disebabkan ini untuk kali pertama dalam 100tahun, kapal ini menerapkan teknologi sonar sebagai pengganti periskop.

Spesifikasi kapal selam V-Class merupakan pengembangan kapal jenis Trident dan Seawolf yang memaksimalkan teknologi sonar yang dibangun di galangan General Dynamics Electric Boat Division (GDEBD) Washington, ini dilaporkan oleh harian Courant-Times. Of course, kapal nuklir ini ditujukan mendukung militer AS dalam penerapan teknologi rudal balistik.
Kata John Murtha, Ketua HDAC “AS tidak bisa menunggu lagi. Kita memerlukan kapal selam canggih dan harus menyiapkan anggaran besar untuk mewujudkannya,” saat meninjau pusat pembuatan kapal selam nuklir GDEBD.

Quote:
Teknologi kapal V-Class menjadi terobosan pertama sejak AS membuat kapal selam berperiskop 100 tahun silam. Dengan teknologi sonarnya, V-Class bisa memindai dan memetakan dasar laut, daratan dan obyek dalam radius puluhan kilometer. V-Class akan membawa 150 rudal Tomahawk dan rudal balistik yang menjangkau sasaran di daratan.

Sejak AS membuat kapal selam berperiskop 100 tahun silam, teknologi kapal V-Class menjadi terobosan pertama. V-Class bisa memindai dan memetakan dasar laut, daratan dan obyek dalam radius puluhan kilometer dengan teknologi sonarnya.. Untuk menjangkau sasaran di daratan, V-Class akan membawa 150 rudal Tomahawk dan rudal balistik.
Spoiler for cabine

Quote:
Hidungnya yang berbentuk kubah dan membuatnya mampu memecah gelombang sonar kapal musuh sehingga keberadaannya sulit dideteksi adalah keunikan dari V-Class. Karena menggunakan teknologi ini maka V-Class dijuluki “ kapal siluman”. V-Class juga dilengkapi kapal selam mini (mini submarine) serta ruang kedap udara untuk keluar masuk awak kapal. Hal ini untuk misi intelejen.

Dalam pembuatan puluhan kapal selam nuklir, Murtha sepakat AS mengimbangi Tiongkok dalam perlombaan armada laut. Murtha di damping senator Joe Courtney dan John Larson mengatakan, “Setidaknya, kita membuat dua V-Class per tahunnya. Karena militer AS terkesan kuno bila masih menggunakan 48 kapal jenis Los Angeles yang sudah saatnya dikandangkan”
Spoiler for submarine

Bersamaan habisnya masa edar belasan kapal selam yang lama atau paling lambat tahun 2012 realisasi V-Class dimulai. Per unit V-Class, Murtha menyetujui pengucuran 2 miliar dolar AS (Rp 18, triliun). Armada AS masih bergantung pada kemampuan kapal-kapal induk, armada darat dan udara namun peran kapal selam tempur kurang dipandang serius. Hal ini mengacu perang di Irak. Tenyata Beijing justru lebih gencar meningkatkan kualitas kapal selam nuklir berkemampuan rudal.
Kapal selam kelas Virginia (SSN-774) merupakan kapal selam terbaru Amerika yang tercanggih saat ini. Virginia berharga lebih murah dibanding pendahulunya yakni kapal selam kelas Seawolf dimana produksinya hanya dibuat tiga buah. Virginia dilengkapi lapisan metal yang mampu menahan tekanan hingga kedalaman 800 kaki.

[Image: uss4.jpg]

[Image: uss5.jpg]


Virginia dapat menyerang sasaran darat maupun laut. Untuk menyerang sasaran darat, Virginia dilengkapi rudal jelajah Tomahawk , Virginia dilengkapi selusin peluncur vertikal (VLS- Vertical Launching System). Virginia dapat meluncurkan 16 Tomahawk secara salvo.
Sedangkan target-target di lautan berupa kapal permukaan ataupun kapal selam Virginia mempunyai torpedo Mk-48. Virginia dilengkapi dengan ranjau laut Mk60 CAPTOR

[Image: uss6.jpg]

[Image: uss8.jpg]

Class
* Name: Virginia
* Builders: General Dynamics Electric Boat, Northrop Grumman Newport News
* Operators: Naval flag of United States United States Navy
* Preceded by: Seawolf class attack submarine
* In commission: 2004-10-23
* Building: 3
* Planned: 30
* Completed: 5
* Active: 5
* General characteristics
* Class and type: Attack submarine
* Displacement: 7,900 tonnes (7,800 long tons)
* Length: 377 feet (115 m)
* Beam: 34 feet (10 m)
* Propulsion: S9G reactor
* Speed: >25 knots (46 km/h)
* Range: unlimited except by food supplies
* Test depth: > 800 ft (244 m)
* Complement: 134
* Armament:
* -12xVLS (BGM-109 Tomahawk cruise missile) &
* -4x533mm torpedo tubes (Mk-48 torpedo)
* Notes: Ships in class include: Virginia, Texas, Hawaii, North Carolina, New Hampshire, New Mexico, Missouri, California, Mississippi, Minnesota, North Dakota

Image has been scaled down 19% (650x393). Click this bar to view original image (800x483). Click image to open in new window.
[Image: uss2.jpg]


Kecanggihan Virginia terlihat pada beberapa desain baru yang diterapkan. Virginia bisa menjalankan fungsi infiltrasi dengan membawa kapal selam mini yang biasa digunakan unit khusus Amerika, U.S. Navy SEAL. Kapal selam mini ini dibawa di punggung Virginia lengkap dengan unit SEAL. Virginia juga dilengkapi Lockout Trunk yang berfungsi sebagai tempat keluar masuk Navy SEAL.

Image has been scaled down 19% (650x431). Click this bar to view original image (800x530). Click image to open in new window.
[Image: 800pxtorpedovirginia040.jpg]


Jumlah sonar yang dibawa Virginia tergolong banyak, yakni tujuh buah ditambah dengan sonar tarik. Sonar tarik ini berfungsi menghapus kelemahan kapal selam pada umumnya yakni bagian ekor dimana tidak terdapat sensor.
Baling-baling Virginia dilengkapi dengan propulsor duct sebagai pelindung. Benda ini berbentuk tabung yang melindungi sekeliling baling-baling ekor.

Rudal tomahawk ini buat jarak jauh , mempunyai sistem akurasi yang baik untuk menyerang berbagai sasaran . Saat ini kemungkinan besar angkatan laut amerika serikat akan memakai misil ini untuk kepentingan AS . misil ini dapat memborbardir kemampuan udara musuh sekaligus pertahanannya

[Image: 300pxtomahawkblockivcru.jpg]

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More